Jumat, 22 April 2011

biaya backpaking ke karimunjawa

setelah makan.. sambil menunggu malam kami duduk santai sambil meliha kesibukan nelayan..
sampe terasa mule pengin rebahan kami pun pergi ke mesjid deket situ untuk tidur...
karena blm gitu mengantuk akhirnya kia memutuskan untuk jalan-jalan ke pantai kartini yang ada di belakang masjid..
sambil ngobrol jalan-jaln ee ternyata hujan mulai turun, langsung larilah kita balik ke mesjid hujannya anging ternyata..
akhirnya kita milih merem ajalah...
besoknya hbis subuh langsung kita mandi trus nongkrong di warung deket dermaga sambil nunggu loketnya buka yang menurut yang punya warung sekitar jam 7 baru buka.
begitu buka langsunglah kami ngantri beli dan langsung naik kekapal, dan disana mondar-mandir orang mulai masuk dengan membawa banyak barang, karena memang barang kebutuhan di karimun jawa diambil semua dari jepara.
sampe dah tenang masih juga kapalnya blm jalan..
dan memang jam 9,, haha sampe bosen kami menunggu...
setelah berangkat 6 jam pun kami tempuh dengan hanya duduk menikmati laut laut dan laut atau nntn tipi yang g kedengeran suaranya..hahaha dinikmati saja.
6 jam berlalu kapal pun melabuh, kami uda ditunggu sama pak moko yang uda kami hubungi seminggu sebelumnya. ni rekomended nech tempatnya itu yang ada penangkaran hiunya. jadi begitu keluar kamar langsung kolam hiu, dan bisa juga snorkling langsung dari depan penginapannya..
hbis naik becak diantarlah kita ke warung makan yang ternyat warung makan satu-satunya di sana namanya warung bu ester, dan jangan salah murah juga makan disitu pake lauk seafood pula..hahaah nyam nyam lah..
sambil makan sambil ngobrol sama pak moko, awalnya sech emang agak cuek orangnya, tapi setelah ngobrol lebih banyak ternyata sama kayak sama asalnya dari tegal..hahaha
tapi sayangnya hari pertama blm bisa kami tinggal di penginapannya karena gensetnya mati tadi pagi, jadi kami dialihkan ke tempat sohibnya pak harinto alias rinto harahap mantan sekcam, dan aslinya dari solo..hahah
g jauh2 lah ketemunya,... di karimun jawa banyak suku2nya dari bugis,jawa, dayak, sampe blasteran juga banyak..
singkatnya kami langsung nginep di rumah pak har.
besoknya langsunglah kita diajak ke tempat penangkaran hiu. disana kita bebas berenang dengan hiu.. trus hbis itu kita langsung snorkling dari depan penginapan itu dari ujung pulau sampe ujung satunya..damaii rasanya..
hbis capek kita pun duduk-duduk sambil ngbrol sama pak moko membicarakan tentang trip hopping island besok. dan ternyata lagi sepi turis karimun sehingga kita g dapet barengan, nah ini dia pelajarannya kalo bisa berkunjunglag pas weekend kalo memang tidak ikut paket atau tidak rombongan, tapi untungnya dikasih harga khusus..hahah beruntunglah kita..singkat kata berangkatlah keesokan harinya hoping island ke empat pulau yang g jauh dari pulau utama karimun jawa, disana subhanallah pantainya emang landai. jadi kita snorklingnya agak ketengah dan beberapa karang cuman sekitar 30 cm dari dada kita.. indahnya. kita bersnorkling ria ke smua pulau sampe bosen..haha
dan berakhirlah kunjungan pulau dari matahari terbit sampe terbenam... sungguh memuaskan..haha dan kembalilah kita ke homestay pak rinto. disana kita mandi, trus tidurlah kita.. ngntuk beraat..
besoknya langsung pulang..haha

ni kira-kira jumlah biayanya
bis solo-semarang pp 40.000
bis semarang-jepara pp 20.000
naik becak dari terminal ke dermaga 10-12.000 (optional kalo sore mending jalan)
naik kapal ferry 30.500
homestay 75.000/3 malam
snorkling 25.000
sewakapal 300.000 (dibagi rata)